Total Tayangan Halaman

Rabu, 30 Maret 2011

Ulama haram terjun dalam dunia politik, benarkah?

dari Buletin Al-Munawwaroh Oleh: Agus Gunawan

Sebagai pengantar untuk menjelaskan masalah ini, kami akan memaparkan hubungan politik dan Islam. Islam adalah agama yang bersumber dari wahyu sedangkan politik adalah produk budaya. Politik dalam istilah kesarjanaan Islam dikenal dengan al-siyâsah, adapun definisi yang di berikan oleh Ibnu Aqîl adalah:

السياسة ما كان فعلا يكون معه الناس أقرب إلى الصلاح وأبعد عن الفساد وإن لم يضعه الرسول صلى الله عليه و سلم ولا نزل به وحي (ابن قيم الجوزية، الطرق الحكمية في السياسة الشرعية ، القاهرة :مطبعة المدني ، د.ع.)

Politik merupakan perkara yang menyeru (mengatur) manua untuk lebih dekat dengan kemaslahatan dan menjauhkan dari kemadaratan, politik ini tidak (ditetapkan secara pasti) oleh Rasulullah maupun Wahyu.

Jadi politik ini adalah murni ijtihadiyah umat yang sangat dipengaruhi oleh dimensi jaman yang melingkupinya. Negara Kesatuan Republik Indonesia mengacu pada system politik demokratis, sehingga pola pemerintahan dijalankan dengan model demokrasi namun masih sangat di pengaruhi oleh syariat Islam. Sehingga dengan system demokrasi ini sangat memungkinkan ulama menjadi pemimpin di negeri ini.

Masalah politik bagi ulama takarannya adalah masalah maslahah dan madarat, sehingga apabila ada ulama yang terjun dalam kekuasaan syah namun sebaliknya apabila mendatangkan madarat maka hal ini harus dihndari. Mengenai hal ini Imam al-Ghazali telah berkomentar dalam kitabnya al-Mustasfa:

أما المصلحة فهي عبارة في الأصل عن جلب منفعة أو دفع مضرة ولسنا نعني به ذلك فإن جلب المنفعة ودفع المضرة مقاصد الخلق وصلاح الخلق في تحصيل مقاصدهم لكنا نعني بالمصلحة المحافظة على مقصود الشرع ومقصود الشرع من الخلق خمسة وهو أن يحفظ عليهم دينهم ونفسهم وعقلهم ونسلهم ومالهم فكل ما يتضمن حفظ هذه الأصول الخمسة فهو مصلحة وكل ما يفوت هذه الأصول فهو مفسدة ودفعها مصلحة

Dari ketentuan maslahah yang dikemukakan oleh Imam al-Ghazali di atas, yakni al-maqâsid al-Syari’ah, maka apabila hal ini menjadi tujuan kepemimpinan seorang ulama dalam mengendalikan kekuasaannya, tentunya hal ini dibolehkan. Namun apabila kemadaratan yang muncul, maka sebaiknya ulama tidak memegang kekuasaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar